Pendidikan literasi edukasi keuangan sangat diperlukan, agar kita sadar dan paham tentang bagaimana cara mengelola keuangan secara bijak dan sesuai kebutuhan. Pendidikan literasi edukasi keuangan harus diberikan sedini mungkin kepada anak terutama pada anak usia pra sekolah dan sekolah dasar. Sebab, pengenalan terhadap pengetahuan literasi edukasi keuangan sejak dini akan membuat anak-anak terbiasa mengelola keuangan dengan baik dan benar di masa yang akan datang.

Pendidikan literasi edukasi keuangan pada anak bukan sekadar pada pengenalan uang, namun lebih jauh untuk memberikan pengetahuan pada anak tentang konsep pengenalan pengelolaan keuangan secara bijak dan mampu mengontrol pengeluaran keuangan dengan membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan.

Menabung merupakan salah satu kebiasaan yang wajib ditanamkan sejak dini. Mengapa? Tentu saja dengan menabung, anak-anak dengan sendirinya mulai belajar berhemat dan bertanggung jawab dalam memegang uang.

Karena itulah BPR Pantura Abadi, BPR Gamon, dan BPR Gitamakmur Utama (Member of Hagalink) tidak ingin tertinggal untuk ikut berpartisipasi dalam membangun konsep yang baik tentang pentingnya menabung dan mengelola keuangan kepada adik-adik dari SMKN 45 Jakarta. Semakin dini pelajar menyadari manfaat menabung, maka semakin besar manfaatnya untuk masa depan mereka. Sehingga ke depannya dapat mengandalkan tabungan sendiri, tidak bergantung kepada orang tua mereka.